Minggu, 22 Mei 2011

Mahalnya biaya Kuliah : UNS dan UNY



Tak bisa di pungkiri di era kapitalis sekarang ini, segalanya harus diukur dengan uang uang dan material... dalamm penerimaan mahasiswa baru, disetiap perguruan tinggi negeri, biaya permahasiswa persemester saja sudah mencapai 1 juta lebih. dalam ukuran perguruan negeri, harusnya biaya persemester bisa dijangkau oleh masyarakat kelas bawah.. tapi nyatanya pendidikan  sekarang seolah menjadi alat permainan "oknum" Perguruan tinggi negeri untuk mengeruk keuntungan sebanyak-banyaknya.



Kita liat saja salah satu tolak ukur PTN yang ada di SOLo yaitu Universitas sebelas maret Surakarta. dari pembeiayaan persemester saja untuk program reguler, mahasiswa membutuhkan uang lebih dari 1 juta rupiah. itupun belum kita bandingkan dengan program swadana yang dibuka secara besar-besar oleh PTN...kita liat dari daya tampung....dari salah satu program di FKIP yang hanya mempunyai daya tampung 36 orang, namun membuka program jalur swadaya sebanyak 30 orang....!!!
Pertanyaan yang ada dibenak saya, PTN sekarang dengan sistem privatisasi menjadi sebuah institusi yang hanya mengejar LABA, UANG, DAN MATERIAL. lalu dikemanakan nasib pendidikan yang membangun karakter bangsa? lalu bangaimana orang-orang pintar yang tidak mempunyai biaya untuk kuliah?
Untuk melihat biaya resmi universitas negeri silahkan klik link di bawah ini :

Universitas Sebelas Maret SOLO        Klik Disini FKIP             Klik Disini Non FKIP 
Universitas Negeri Yogyakarta             Klik Disini
Universitas Negeri Semarang               Klik Disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar